Jenis – Jenis Akuisisi

Jenis – jenis akuisisi

Ditinjau dari segi kekuasaan perseroan, akuisisi dapat dilakukan secara internal atau eksternal. Akuisisi internal adalah akuisisi terhadap perseroan dalam kelompok/grup sendiri. Dalam hal ini, suatu kelompok/grup memiliki beberapa perseroan, baik sejenis ataupun tidak sejenis yang berdiri sendiri. Diantara perseroan dalam suatu kelompok itu mungkin mengalami kekurangan modal atau manajemen tidak beres atau tidak mampu bersaing sehingga kurang mampu bertahan hidup. Untuk menyelamatkan perseroan tersebut, maka perseroan lain yang kuat dalam satu kelompok yang sama mengakuisisinya.

Akuisisi eksternal adalah akuisisi terhadap perseroan diluar kelompok sendiri atau terhadap perseroan dari kelompok lain, baik sejenis maupun tidak sejenis dengan alasan seperti tersebut diatas. Dalam hal ini, akuisisi dapat menyelamatkan perseroan terakuisisi, dan sebaliknya memperkuat posisi perseroan pengakuisisikan, baik dari sinergi finansial maupun sinergi produksi, distribusi, dan pengembangan teknologi sehingga memperkuat daya saingnya dan menciptakan monopoli.

Akuisisi strategis adalah akuisisi yang bertujuan menciptakan sinergi berdasarkan pertimbangan jangka panjang. Sinergi ini tidak hanya berupa sinergi finansial, tetapi juga sinergi produksi, distribusi, pengembangan teknologi, dan gabungan dari sinergi sinergi tersebut.

Akuisisi strategis mempunyai 3 tipe, yaitu:

  • Akuisisi horizontal

Akuisisi terhadap perseroan yang memiliki produk dari jasa yang sejenis atau pesaing yang memiliki daerah pemasaran yang sama dan bertujuan untuk memperluas pasar.

  • Akuisisi vertical

Akuisisi terhadap beberapa perseroan yang memiliki produk dan jasa yang tidak sama dengan tujuan untuk menguasai mata rantai produksi dan distribusi dari hulu sampai hilir.

  • Akuisisi konglomerasi

Akuisisi terhadap satu atau beberapa perseroan yang tidak mempunyai kaitan bisnis secara langsung dengan bisnis perseroan pengakuisisi dengan tujuan membentuk konglomerasi baru atau konglomerasi yang lebih besar lagi.

Untuk informasi lebih lanjut bisa konsultasi pada kami :

MARTEN LUCKY ZEBUA, S.H, MH.

No. Telp 0812-2514-4565 / 022-6034664

Website : www.martenluckyzebua.co.id

Jln. Jend Sudirman No.802 (Bandung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *